Minggu, 29 Juli 2012

kicak

kicakKicak. Ramadan adalah bulan berkah dan bulan munculnya berbagai makanan yang enak. Terdapat banyak sekali makanan ataupun minuman yang hanya bisa kita jumpai saat bulan ini salahsatunya adalah kicak (untuk makanan lain silahkan lihat disini). makanan sejenis jadah tetapi memiliki rasa manis ini adalah makanan yang hanya bisa anda jumpai di kampung ramadan yag ada di kauman jogjakarta.

Kicak sendiri terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan parutan kelapa dan potongan buah nangka. Rasanya yang gurih dan manis sangat cocok untuk dijadikan salahsatu menu saat berbuka puasa. Kandungan karbohidrat pada beras ketan serta rasanya yang manis dianggap sangat tepat untuk mengganti energi setelah seharian berpuasa. Jadi kicak ini selain manis juga salah satu jajanan yang mengenyangkan.

Keberadaan kicak saat bulan ramadan seperti sekarang ini sangat di cari oleh warga jogja yang sedang mencari menu buka puasa di kampung ramadan kauman. Kicak menjadi makanan yang paling di buru, selain karena rasanya yang enak juga karena kita hanya bisa menikmatinya pada bulan ini saja. Saat anda sedang berada di jogja rasanya anda wajib mencobanya dan silahkan anda langsung meluncur ke kampung ramadan kauman yang letaknya tidak jauh dari keraton jogja.

untuk asala muasalnya, kicak konon pertama kali yang membuat makanan ini adalah seorang warga kauman yang bernama mbah wono yang sampai saat ini beliau masih �sugeng� dan juga masih rajin membuat kicak yang banyak di jual oleh pedagang di kampung ramadan kauman. Sedang untuk nama kicak sendiri tidak jelas asal muasalnya, hanya saja di daerah jawa timur ada makanan yang berbahan dasar sama yang bernama kicak, jadi mungkin karena bahannya yang sama maka makanan ini juga dinamai kicak. Entahlah..... (resep makanan)
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template