Rabu, 04 Juli 2012

serabi solo

serabi soloAkhir-akhir ini nama kota solo jawa tengah
sering sekali di sebut mulai dari walikotanya yang nyalon jadi DKI 1 sampai pada damainya 2 raja di keraton solo tetapi saya tidak mau ikut-ikutan membahas mereka (karena saya tidak faham), disini saya akan coba hadirkan salahsatu jajanan khas solo yang sangat terkenal dan sudah jadi icon dari kota yang biasa di sebut dengan spirit of java ini, yaitu serabi solo
atau biasa juga di sebut serabi notosuman.

Serabi terkadang disebut juga dengan srabi atau surabi merupakan salah satu makanan ringan atau jajanan pasar yang banyak terdapat di beberapa daerah di Indonesia. Serabi mirip dengan pancake namun terbuat dari tepung beras (bukan tepung terigu) dan diberi kuah cair yang manis (biasanya dari gula kelapa). Kuah ini bervariasi menurut daerah di Indonesia dan saat ini saya akan coba hadirkan serabi solo atau serabi notosuman.

Serabi solo atau serabi notosuman merupakan jajanan khas Solo, Serabi adalah jajanan khas yang terbuat dari tepung beras, dicampur dengan santan kelapa, dan beberapa bumbu lainnya. Untuk resep lengkapnya silahkan klik disini. Serabi Solo memang berbeda dengan serabi-serabi didaerah lainya, selain rasa yang berbeda serabi Solo juga memiliki bentuk yang sangat unik. Bentuknya seperti serabi Bandung namun serabi Solo ada krispinya yang terdapat di pinggirnya.

Serabi Solo mempunyai bentuk yang melebar pada bagian pinggir, sangat cocok bila di nikmati saat masih hangat, bagian pinggirnya terasa renyah. Bagian tengah yang merupakan inti serabinya terasa gurih dan lembut. Rasa gurih ini berasal dari guyuran santan kelapa pada waktu memasak serabi, dan biasa saat ini juga pada serabi ditambah aneka topping dengan berbagai rasa seperti coklat, aneka buah, keju, dan lain-lain.

Asal-usul Serabi Solo atau serabi notosuman ini konon berasal dari resep khas keluarga, tetapi seiring dengan disukainya resep khas keluarga tersebut, usaha pembuatan serabi itupun terus dikembangkan. Pada dasarnya Serabi Solo mempunyai dua jenis rasa, yaitu polos dan berisi, untuk yang polos, serabi disajikan tanpa menggunakan tambahan apa-apa dibagian tengahnya. Sedangkan Serabi Solo memiliki isi taburan berbagai rasa dibagian tengahnya. Isinya biasanya berupa coklat, keju ataupun aneka buah.

Karena saya sudah sedikit saya hadirkan apa itu serabi solo maka saat anda ada di solo atau sedang melewati solo tidak ada salahnya anda mampir ke daerah notosuman yang terletak di tengah-tengah kota solo. Kalau anda kesulitan mencarinya saat ini serabi juga sudah banyak sekali di jual di luar daerah notosuman.
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template