Minggu, 05 Agustus 2012

gulai siput

gulai siputGulai siput Indonesia memang gudangnya makanan dan minuman enak nan unik, dari aceh hingga papua terdapat banyak sekali makanan atau minuman yang tidak bisa kita temukan dinegara lain. Salahsatu makanan enak nan unik itu adalah gulai siput yang merupakan makanan khas dari kepulauan riau. Terbilang unik karena bahanutama dari makanan ini adalah siput atau oleh sebagian orang di sebut keong sawah yang biasa menjadi hama padi.

Gulai siput ini tergolong makanan khas riau yang sangat �melayu� sekali, disana kita bisa merasakan berbagai macam bumbu rempah khas melayu seperti pada bacah daging yang juga merupakan masakan khas riau. Gulai Siput sendiri dalam bahasa Melayu dialek Kuantan Singingi disebut dengan gulai cipuik, sedang dalam bahasa melayu Rokan disebut dengan Lengkitang.

Mungin selama ini siput atau keong lebih kita kenal sebagai hama padi dan atau hanya untuk pakan ternak bebek saja, ternyata di tangan masyarakat riau siput bisa menjadi sebuah hidangan lezat. Di daerah tanjungpinang siput ini selain bisa di dapatkan dengan mencari sendiri disawah juga bisa kita temukan di pasar-pasar tradisional, jadi tidak perlu khawatir kotor kalau anda ingin membuat masakan ini.

Sama seperti namanya, utuk membuat gulai siput ini adalah siput yang di masak menjadi gulai. Jadi ada sensasi yang berbeda saat kita menikmati masakan ini, jika biasanya kita hanya tahu gulai kambing. Dan untuk bisa membuatnya silahkan simak resep gulai siput yang saya hadirkan pada postinganyang lain.

Gulai siput ini adalah salahsatu makanan khas dari kepulauan riau yang akan dengan mudah kita temukan saat bulan ramadan seperti sekarang ini. jadi kalau anda sedang berada di tanjungpingang atau daerah lain di riau rasanya anda harus mencoba makanan ini untuk menu berbuka atau sahur anda. Selain unik dan lezat harga dari seporsi gulai siput juga tidak sampai membuat kantong anda kering. (kumpulan resep)
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template