Selasa, 07 Agustus 2012

bingke berendam

bingke berendamBingke berendam Setiap daerah di indonesia memiliki menu khas yang menjadi bagian tradisi saat berbuka puasa. Tidak terkecuali dengan di Pontianak kalimantan barat, disana terdapat satu jajanan khas yang seolah-olah menjadi menu wajib saat Ramadan yaitu Bingke Berendam
. Kue dengan bentuk unik ini adalah salahsatu menu khas berbuka puasa dari pontianak yang akan makin mudah kita temukan saat ramadan seperti sekarang ini.

Bingke Berendam adalah kue tradisional yang biasanya tersaji dengan bentuk yang unik dan khas, menyerupai bunga segi enam. Roti yang terbuat dari adonan tepung beras, telur, gula, dan santan ini menawarkan citarasa yang khas dengan tekstur lembut. Jadi menikmati bingke berendam ini adalah menikmati perpaduan dua citarasa khas yaitu enak dilihat dan enak dirasakan.

Untuk nama bingke berendam ini entah darimana asalnya dan apa artinya, mungkin saja karena adonan dari kue ini yang encer sebelum di panggang jadi seakan-akan kita berendam dalam adonan santan dan tepung berasnya. Yang jelas adalah bingke berendam ini menu buka puasa wajib warga pontianak dan juga oleh-oleh wajib saat dari pontianak.

membuat kue yang sekilas mirip dengan bika ambon ini tergolong rumit. Ini karena kita butuh dua kali proses pemanggangan, yaitu pertama di atas kompor dan pemanggangan ke dua di dalam oven. Bahkan dahulu memasak bingke berendam masih menggunakan arang jadi lebih rumit lagi, mungkin karena kerumitan itulah kue ini jadi istimewa saat Ramadan.

Selama Ramadan, mencari keberadaan bingke berendam bukan hal yang sulit. Mulai dari pasar tradisional, toko-toko kue, hingga lapak-lapak dadakan banyak bermunculan di seluruh penjuru kota pontianak. Dengan Rp 10.000 � Rp 15.000 tergantung varian rasanya kita sudah bis menikmati kelezatan kue yang bisa tahan hingga 3 hari ini dalam kulkas ini. jadi mumpung saat ini masih ramadan kalau anda berkesempatanke pontianak jangan lupa bawa pulang untuk oleh-oleh ya.. (kumpulan resep)
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template