Senin, 06 Agustus 2012

es goyobod

es goyobodEs goyobod. Jawa barat adalah salahsatu dari tiga propinsi besar di pulau jawa yang memiliki keanekaragaman kuliner luar biasa banyaknya. Di propinsi yang beribukotakan bandung ini kita dapat menemukan bermacam-macam kuliner enak mulai dari makanan sampai dengan minuman yang tidak kita temukan di propinsi lain di indonesia, salahsatunya adalah es goyobod yang akan coba saya hadirkan kali ini.

Es goyobod adalah sebuah kudapan segar yang secara fisik atau kasat mata mirip dengan es campur dan es doger yang banyak kita jumpai, yang membedakannya adalah goyobodnya itu sendiri. Goyobod adalah sebuah makanan yang terbuat dari tepung hankue dan rasanya hampir mirip agar-agar tetapi lebih padat ketika digigit.

Es goyobod sendiri sampai saat ini tidak jelas siapa yang pertama kali membuat dan dari daerah mana. Buat orang garut es goyobod adalah minuman segar khas mereka tetapi orang bandung dan bogor juga mengatakan bahwa es goyobod adalah khas dari daerah mereka, ini karena memang di daerah-daerah itu es goyobod banyak di jumpai, tetapi yang lebih penting buat saya asal tidak di klaim malaysia ma gak masalah. Yang jelas adalah goyobod sendiri dalam bahasa sunda berarti lengket dan basah, jadi kalau diartikan dengan kaku es goyobod adalah es yang basah dan lengket.

Es goyobod ini bisa menjadi menu buka puasa yang pas. Selain karena segar dan manis, membuat es goyobod terbilang mudah. bahan-bahan yang di gunakan juga mudah kita temukan dan di jual bebas, mungkin yang perlu untuk di buat sendiri adalah goyobotnya. Pada dasarnya membuat es goyobod hampir sama dengan membuat es doger atau es campur, untuk lebih jelasnya silahkan simak resep es goyobod yang telah saya hadirkan pada postingan sebelumnya.

Ketika anda sedang berada di bandung, bogor, garut atau daerah jawa barat lainnya rasanya tidak ada salahnya kalua anda mencicipi minuman yang satu ini, selain cocok untuk menu berbuka atau hanya sekedar menghilangkan dahaga harga semangkuk es goyobod juga tergolong murah dan sangat terjangkau. Anda tidak perlu menguras kantong dalam dalam untuk ibsa menikmati minuman sagar ini, karena dengan uang Rp 5.000 sampai RP 7.000 semangkuk es goyobod segar akan hadir di hadapan anda dan siap untuk disantap. (kumpulan resep)
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template