Jumat, 30 Maret 2012

es selendang mayang

Jakarta atau betawi memiliki banyak sekali keanekaragaman kuliner yang nikmat dan unik. kita pasti tau kerak telor dan ketoprak, dua makanan yang sangat terkenal.tetapi tidak semua kuliner betawi terkenal hingga sekarang, seperti yang akan saya coba hadirkan kali ini. namanya adalah es Selendang mayang. ini adalah kudapan atau minuma tradisional khas Betawi. Rasanya manis, gurih, sedikit asin, dan semakin segar ketika diberi batu es. Sayangnya, sebagai salah satu minuman khas jakarta es selendang mayang ini sudah jarang ditemui.

nama dan penampilan es Selendang mayang itu mungkin banyak membuat orang penasaran. Saat dicicipi, campuran kue dari sagu aren yang gurih, berpadu dengan rasa manis dari gula jawa, asin dari santan langsung menyergap lidah. Es batu yang dicampurkan memberi efek segar yang pas dinikmati di saat cuaca panas. Dulu warna es selandang mayang hanya merah dan putih. tetapi kini ditambahkan warna hijau juga dengan alasan biar tambah "rame".warna-warna itu berasal dari daun pandan dan pewarna makanan.

Yang membuat minuman khas jakarta ini jadi lebih unik adalah penggunaan sebilah bambu kecil untuk memotong selendang mayangnya. Kemudian disajikan bersama dengan kucuran kuah santan, gula jawa, dan potongan es batu.

Di Jakarta, menemukan es selendang mayang bukan perkara mudah. Sebagai salah satu kuliner warisan leluhur, es selendang mayang mulai kalah pamor dengan berbagai minuman modern.

Proses pembuatan es Selendang mayang cukup mudah. Dimulai dengan menggunakan bahan-bahan seperti sagu aren, kemudian diberi pewarna merah, hijau, dan putih. Karena warnanya yang beragam mengingatkan akan warna selendang sehingga tak heran disebut dengan selendang mayang.
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template