Jumat, 25 Mei 2012

sate maranggi

sate maranggiNgomongin kekayaan kuliner indonesia memang tidak akan ada habisnya, dari aceh sampai papua terdapat banyak sekali kuliner khas dan berbeda antara satu dan lainnya. Walalupun beberapa dari kuliner itu ada yang mirip dan serupa tetapi sebenarnya �mereka� berbeda karena lidah masing-masing orang berbeda. Salah satu kuliner yang banyak terdapat di indonesia adalah sate, hampir tiap daerah mempunyai jenis sate masing-masing dan salah satunya adalah sate maranggi yang adalah salah satu kuliner khas purwakarta, jawa barat.

sate maranggi adalah jenis sate yang lain dari yang lain, bukan karena daging yang di gunakan tetapi karena bumbu sambal yang di gunakan. Jika pada sate madura, bumbu sambal yang di gunakan adalah bumbu kacang maka bumbu sambal pada sate maranggi terbuat dari bumbu oncom yang menghasilkan citarasa yang unik, terdapat rasa asam, manis dan pedas.

Di purwakarta kita akan dengan mudah menemukan sate maranggi, hampir di setiap sudut kota ada penjual sate maranggi dan sebagian yang lain di jajakan dengan berkeliling. tetapi walaupun sate maranggi banyak terdapat di purwakarta dan banyak juga yang mengatakan bahwa sate maranggi adalah kuliner khas purwakarta ada juga sebagian orang yang berpendapat kalau sate maranggi adalah kuliner khas dari cianjur.

Menikmati sate maranggi ini biasanya akan lebih nikmat dengan ketan bakar atau nasi timbal, tetapi kalau tidak ada pakai lontong atao nasi juga tetap enak dan nikmat. Dan buat anda yang jauh dari purwakarta dan cianjur, saya coba hadirkan resep dan juga cara membuat sate merenggi disini.

Buat anda pecinta sate, rasanya jenis sate yang satu ini wajib anda coba dan kalau anda sedang berada di purwakarta anda harus mampir ke warung sate maranggi yang banyak terdapat disana, silahkan pilih satu atau semua juga boleh, Dan buat yang pecinta soto di sana juga terdapat soto sadang yang juga bisa anda coba.(resep masakan indnesia)
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template