Minggu, 03 Juli 2011

tutug oncom


Satu lagi kuliner khas dari tasikmalaya yang mantab selain kupat tahu dan mungkin hanya ada di tasikmalaya,namanya adalah tutug oncom. tutug oncom adalah nasi hangat yang dicampur dan diaduk dengan oncom bakar, disajikan dengan sedikit bawang goreng, irisan telur dadar, sambal terasi, lalapan, serta ikan asin goreng.

Menilik dari sejarahnya, nasi tutug oncom merupakan campuran Nasi dengan oncom bakar merupakan makanan jaman susah. Waktu rakyat dan negara kita masih kesusahan. Terutama di jaman orde lama, saat harga beras dan minyak melangit.tetapi sekarang tutug oncom sudah menjadi makanan bagi semua lapisan masyarakat dan menjadi salah satu kuliner khas dari tasikmalaya, selain
kupat tahu tentunya.

Salah satu penjual nasi TO yang cukup enak menurut saya, adalah nasi TO di Jl. Dadaha, dekat dengan kampus UPI Tasikmalaya. Warung nasi ini, terletak di pinggir saluran irigasi, dan cukup ramai didatangi pengunjung. Menu yang ditawarkan nasi TO dadaha ini sederhana saja. Nasi plus TO, sambal berupa ulekan cabe rawit dan bawang, yang diguyur minyak goreng panas. Itu saja.

Sebagai pelengkap makan tutug oncom dapat ditambahkan gorengan tempe, yang diangkat menjelang matang sehingga tidak krispi melainkan lembut (mirip tempe mendoan) dan bakwan Dan tentu saja irisan bonteng, dan leunca sebagai lalapan. Meski sederhana, tapi jangan ditanya soal rasanya.
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template