Kamis, 30 Juni 2011

sate ambal


selera orang indonesia memang sangat kaya dan hampir di tiap derah kita akan menjumpai kuliner yang berbeda rasa walaupun nama dan bentuknya hampir sama. seperti yang ada di kebumen, jika sebelumnya mungkin kita lebih mengenal sate adalah sate madura, sate banjar, sate klathak dan lain-lain dan atu juga sate ayam atau sate kambing maka di kebumen dan sekitarnya ada sate ambal.

sebenarnya bahan dasar sate ambal tidak jauh berbeda dengan sate pada umumnya yaitu ayam. tetapi sate ambal hanya menggunakan ayam betina atau yang oleh orang setempat di sebut ayam babon dan yang bikin beda dari jenis sate lain di indonesia adalah bahan sambel yang di gunakan, jika sate madura menggunakan sambel kacang maka sate ambal menggunakan kedelai sebagai kacang. klik disini untuk melihat resepnya. untuk teman makan sate ambal sama dengan mayoritas jenis sate di inndonesia yaitu memakai lontong.

Perlu diketahui, bahwa Sate Ambal yang cukup terkenal ini berada di Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen. Kalau dari pasar Kutowinangun menuju arah barat, ada pertigaan terus ambil jalan ke kiri sekitar 10 km dan dari Kecamatan Ambal menuju arah timur.

Bagi Wisatawan yang kebetulan mengunjungi obyek wisata di Kabupaten Kebumen, atau hanya sekedar untuk datang di kota Lawet ini, bisa menikmati Sate Ambal ini dengan hanya mengeluarkan uang tak lebih dari Rp 8.000,- untuk satu orang.
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template