Jumat, 10 Juni 2011

gado-gado


Gado-gado adalah salah satu makanan yang berasal dari Indonesia dan berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan disertai irisan telur dan di atasnya ditaburkan bawang goreng. Sedikit emping goreng atau kerupuk (ada juga yang memakai kerupuk udang) juga ditambahkan.tiap daerah di indonesia memiliki resep yag berbeda dan ada juga yang menyebut gado-gado dengan lotek.

Gado-gado dapat dimakan begitu saja seperti salad dengan bumbu/saus kacang, tapi juga dapat dimakan beserta nasi putih atau kadang-kadang juga disajikan dengan lontong.
Salah satu perbedaan gado-gado dari salad sayuran lainnya adalah saus kacang yang digunakan. Bahan-bahan yang digunakan untuk saus kacang ini juga dapat bervariasi.
Di indoesia sangat banyak sekali versi gado-gado, seperti gado-gado di surabaya sengat berbeda dengan gado-gado di jakarta a/ sebagian besar daerah di indonesia karena gado-gado surabaya tidak menggunakan saos kacang/bumbu kacang dari ulekan cobek tetapi menggunakan bumbu siram yang pekat dan nikmat karena menggunakan santan.
 

Copyright © 2011 Wisata Kuliner | Design by Kenga Ads-template